Skip to main content

Alasan Kenapa Sebaiknya #dirumahaja



Kabar baik terkait wabah Corona sejauh ini ialah, Wuhan sebagai kota yang pertama kali ditemukannya virus ini mulai pulih dan bangkit. Dua hari kemarin tidak ada laporan bertambahnya jumlah pasien. Rumah sakit darurat yang sempat dibangun untuk menampung pasien Corona sudah mulai ditutup. Begitu juga dengan tenaga medis yang didatangkan dari luar Wuhan sudah banyak yang dipulangkan.

Sebaliknya, di Italia masih dalam bayangan hitam, pasalnya dalam satu hari korban meninggal hampir mencapai 800 orang. Sebuah angka yang terbilang fantastis dalam kasus ini dan menjadikannya sebagai angka kematian tertinggi di dunia dalam satu hari.

Untuk membantu mengevakuasi korban meninggal dunia, pemerintah setempat menurunkan pasukan militernya. Truk-truk militer yang biasa digunakan untuk membawa petugas keamanan saat ini dialihfungsikan untuk membawa jenazah korban virus Corona.
Massima Paolone via Radio Guestersloh
Lantas apa yang bisa kita (Indonesia) lakukan. Kasus di Italia bisa begitu tinggi berawal dari tingkat kewaspadaan yang rendah dan tidak menganggap serius pandemi ini. Ketika pemerintah Italia sudah menghimbau untuk tetap di rumah, masih banyak yang tidak mengindahkan hal tersebut. Barulah korban berjatuhan, semua orang kalang-kabut dengan keadaan ini. Maka dari itu selagi pemerintah sedang gencar melawan Corona, sebagai warga yang baik dan patuh akan aturan, sudah selayaknya kita mengikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu Social Distancing.

Social Distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, yang selanjutnya berdampak dengan beberapa turunan kebijakan seperti meliburkan aktivitas sekolah, bekerja dari rumah,  hingga dicabutnya izin keramaian (DKI, red) sehingga mengharuskan setiap orang untuk di rumah (#dirumahaja). Hikmah yang bisa diambil ketika #dirumahaja yaitu diberi kesempatan untuk lebih dekat dengan keluarga, terutama bagi yang bekerja diawal pagi dan pulang larut malam. Bagi seorang ayah, bisa secara langsung memantau dan mendampingi anak menyelesaikan tugas sekolahnya yang selama ini selalu didampingi ibunya.  #dirumahaja memberikan kesempatan untuk masak makanan sehat di rumah, sehingga mampu terhindar dari makanan di luar yang tidak diketahui higienitasnya. Terakhir dengan #dirumahaja kita sudah membantu tenaga medis yang mulai kewalahan menangani pasien wabah Corona yang kian bertambah, dengan #dirumah aja kita membantu mereka untuk mencegah penyebaran Corona.

Jadi, gampangkan sekarang kalau mau bantu orang, cukup tiduran, nonton tv, makan, nyuci, ataupun ngapain aja, selama kamu #dirumahaja kamu sudah sangat membantu tenaga kesehatan kita. Sekali lagi mari #dirumahaja.

Comments

Paling Sering dibaca

Membangun Kesadaran : Sebuah Upaya Konservasi

#DuyungmeLamun - Bagi orang awam, lamun sering disalahartikan dengan rumput laut. Bentuk lamun yang menyerupai rumput di daratan, sering membuat orang menyebut lamun dengan sebutan rumput laut. Padahal sudah sangat jelas bahwa keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Alasan Saya Hijrah

Dunia terus berubah, pikiran terus berkembang, hidup terus bergerak. Tertanggal 29 April 2018 disaat orang-orang sudah terlelap, saya mengambil keputusan, keputusan yang menurut saya tidak mudah untuk dilepaskan.Semoga ini menjadi titik awal yang baik dan semoga kalian mengerti. Sebelumnya saya telah memiliki blog dengan nama septiyan1.blogspot.com. Namun beberapa hari terakhir saya berpikir untuk kembali aktif di dunia perblogan dengan sebuah akun baru. Bukan karena apa, saya rasa saya membutuhkan blog profesional yang akan menemani saya kedepannya. Lalu apakah blog sebelumnya tidak profesional? Baik saya akan menjelaskan kembali, memang beberapa hari terakhir keinginan untuk kembali aktif di blog sudah hampir menjadi bom waktu di kepala. Melihat teman-teman saya yang terus menggunakan blog mereka untuk berbagi cerita tentang hal yang mereka punya, saya kira menarik. Menarik untuk mengagumi tulisan orang, tapi apakah cukup untuk sekedar mengagumi tulisan orang? Saya ra

Sekilas tentang Standar Pelayanan Minimum

Beberapa kali mengikuti kegiatan di daerah, ataupun penyelenggaraaan kegiatan yang berkaitan dengan daerah, topik Standar Pelayanan Minimum (SPM) merupakan sebuah pembahasan yang tidak terlewatkan untuk dibahas. Umumnya, pakar yang diundang dalam membahas SPM berasal dari Kementerian Dalam Negeri yang juga merupakan pengampu SPM. Adanya kebutuhan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang memadai menjadi salah satu dasar dibentuknya SPM. Source :  Indonesia Baik Pada dasarnya tulisan ini dibuat untuk membantu penulis untuk lebih jauh memahami pengetahuan tentang SPM. Dengan tulisan ini setidaknya penulis harus membuka beberapa dokumen agar tulisan ini bisa sedikit berbobot, dan menjadi sarana belajar bagi pembaca setia blog ini. Cerita awal SPM bermula dari pemberian kewenangan/otonomi yang luas kepada daerah dengan tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang terlihat dari adanya peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat. Selain itu daera