Skip to main content

Sisi Lain Kenapa Corona Enggak Selamanya Jahat

Corona sedang mewabah di dunia. Setidaknya 180 Negara merasakan dampak adanya virus ini. Semua aktivitas manusia dibuat kacau hingga lumpuh bahkan perekonomian dunia dibuat tidak berkutik.
Namun, tidak semua merasakan panik ataupun sedih dengan kehadiran virus Corona. Justru sebaliknya, bumi bisa jauh lebih bernafas lega melihat kepanikan pada manusia. Ibarat sistem imun, virus Corona sedang bekerja untuk melindungi bumi dari kerusakan akibat ulah umat manusia. Hadirnya Corona seakan menjadi titik Bumi untuk membersihkan apa yang sudah diusik manusia. Bahkan ada yang bilang adanya wabah Corona yang dihadapi manusia, akan dimenangkan oleh kondisi bumi yang kian membaik.
Photo by cottonbro from Pexels
Berdasarkan informasi dari NASA, muncul kabar baik di tengah kabar buruk terkait semakin luasnya penyebaran virus corona di dunia. Sebab, Corona menunjukkan pengaruh positif terhadap polusi udara secara global. Kebijakan negara yang terdampak seperti membatasi kegiatan masyarakat menjadi titik awal dari banyaknya pabrik yang diberhentikan serta minimnya aktivitas kendaraan. Selama ini kita ketahui bahwa penyebab polutan terbesar adalah aktivitas pabrik dan polusi kendaraan. Maka dengan hadirnya kebijakan itu bumi seolah-olah menekan tombol reset untuk kembali bernafas dan memperbaiki diri setelah sekian lama dirusak manusia. Gambar di bawah ini diambil beberapa hari yang lalu untuk memperlihatkan terjadi penurunan suhu di langit Italia karena kebijakan lockdown. 
Citra satelit Copernicus Sentinel-5P (Sumber : Kompas.com)
Selain itu bertebaran juga gambar yang menunjukkan gambar Kota Venice yang seringkali didatangi oleh turis mancanegara. Bukan karena wisatanya, namun minimnya aktivitas manusia akibat kebijakan lockdown ternyata membuat perairan yang sering dilewati perahu wisata terlihat jauh lebih jernih.
Kota Venice 2013 (Kiri) dan saat ini (kanan) (Getty Images; Marco Capovilla / Venezia Pulita)
Selain faktor lingkungan yang membaik, wabah ini juga memberikan kita kesadaran bahwa pola hidup bersih yang selama ini digaungkan itu penting. Hal ini terlihat dari tingginya permintaan handsanitizer setelah pemerintah mengumumkan langkah pencegahan yaitu untuk rajin mencuci tangan. 

Setelah melihat fakta yang ada dimana kondisi lingkungan membaik, masih bisakah kita bilang kalau Virus Corona itu jahat? Atau sebaliknya justru manusia yang jahat?

Comments

Paling Sering dibaca

Membangun Kesadaran : Sebuah Upaya Konservasi

#DuyungmeLamun - Bagi orang awam, lamun sering disalahartikan dengan rumput laut. Bentuk lamun yang menyerupai rumput di daratan, sering membuat orang menyebut lamun dengan sebutan rumput laut. Padahal sudah sangat jelas bahwa keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Alasan Saya Hijrah

Dunia terus berubah, pikiran terus berkembang, hidup terus bergerak. Tertanggal 29 April 2018 disaat orang-orang sudah terlelap, saya mengambil keputusan, keputusan yang menurut saya tidak mudah untuk dilepaskan.Semoga ini menjadi titik awal yang baik dan semoga kalian mengerti. Sebelumnya saya telah memiliki blog dengan nama septiyan1.blogspot.com. Namun beberapa hari terakhir saya berpikir untuk kembali aktif di dunia perblogan dengan sebuah akun baru. Bukan karena apa, saya rasa saya membutuhkan blog profesional yang akan menemani saya kedepannya. Lalu apakah blog sebelumnya tidak profesional? Baik saya akan menjelaskan kembali, memang beberapa hari terakhir keinginan untuk kembali aktif di blog sudah hampir menjadi bom waktu di kepala. Melihat teman-teman saya yang terus menggunakan blog mereka untuk berbagi cerita tentang hal yang mereka punya, saya kira menarik. Menarik untuk mengagumi tulisan orang, tapi apakah cukup untuk sekedar mengagumi tulisan orang? Saya ra

Sekilas tentang Standar Pelayanan Minimum

Beberapa kali mengikuti kegiatan di daerah, ataupun penyelenggaraaan kegiatan yang berkaitan dengan daerah, topik Standar Pelayanan Minimum (SPM) merupakan sebuah pembahasan yang tidak terlewatkan untuk dibahas. Umumnya, pakar yang diundang dalam membahas SPM berasal dari Kementerian Dalam Negeri yang juga merupakan pengampu SPM. Adanya kebutuhan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang memadai menjadi salah satu dasar dibentuknya SPM. Source :  Indonesia Baik Pada dasarnya tulisan ini dibuat untuk membantu penulis untuk lebih jauh memahami pengetahuan tentang SPM. Dengan tulisan ini setidaknya penulis harus membuka beberapa dokumen agar tulisan ini bisa sedikit berbobot, dan menjadi sarana belajar bagi pembaca setia blog ini. Cerita awal SPM bermula dari pemberian kewenangan/otonomi yang luas kepada daerah dengan tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang terlihat dari adanya peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat. Selain itu daera